17/06/10

~Membaca dan Menulis~

Kemaren ada bocah 14 th PDKT sama gue, An. Dan sampailah ke pertanyaan yg meng-inspirasi gue buat nulis cerita ni.

An: “hobi kamu apa??”
Gw: “baca ‘n nulis”
An: “iiikh.. Cowok ngebosenin”
Gw: *senyum* kata hati gue “jauh² deh lo dari gue!!”

Then, gue wondering, "what’s wrong gitu dengan hobi gue itu?"
Well, gue punya banyak hobi. Gambar, nyanyi, main game, dll. But mostly, gue menghabiskan spare time gue dengan membaca dan menulis. Mungkin ya, orang ngeliat gue mager, malas gerak, haha~
Whatever deh, yg pasti otak gue nggak bisa diem even gue lagi anteng..keep spinning..
So, daripada gue bener² diam, mendingan gue isi otak gue dengan membaca, atau menyalurkan isi otak gue dengan menulis

Jadi inget buku pertama gue waktu gue umur 3 th, ‘gendang petir’, cerita anak². Jadi waktu itu nyokap gue mau ngebeliin gue itu buku asal gue udah bisa baca. So, sejak saat itu, gue nggak pernah berhenti membaca, jadi hobi, reading is a part of my lifestyle. Beda dengan nulis, butuh inspirasi, apalagi gue orangnya moody. Saking sukanya baca ‘n nulis, kalo gue ilang di mall, cari aja gue di toko buku. Kecuali kalo di Blok M, toko bukunya jauh di bawah, kalo gue ilang di sana, cari aja gue di tempat batik.

By The Way, hobi gue ini berlanjut menjadi koleksi, saking banyaknya buku yg tiap gajian gue selalu belanja buku, beli komik, beli majalah, dll. Bokap gue aja sampe ngomong:

“Jo, liat tuh buku² kamu, majalah, komik². Menumpuk, coba dulu duitnya kamu tabung, udah kebeli motor deh..”

Sambil memandang kamar gue yg lebih tepat disebut perpustakaan, I wonder.. waw!! Gue orang kaya ya, haha~look at those books, they are all mine!!! Gimana nggak, tiap gajian beli buku, punya duit beli buku. My books are my treasure.

Kalo hobi nulis awalnya dari kesenengan gue baca, gue punya buku yg isinya catatan harian penulisnya, ada blog-nya, gue cari, ada, ada!!!
Gue baca, lucu, bitchy, and catchy. ‘n sampe sekarang gue selalu ngikutin cerita² dia di blog. Dan otak gue mulai terinspirasi, gue mau nyoba buat nulis, apalagi temen gue, Bee, manas²in gue untuk nulis. Dia udah punya blog dan udah nulis duluan, dan .. *boom* gue juga bikin blog ‘n mulai nulis.

Gue seorang pembaca, kenapa gue gak mulai membuat sesuatu yg gue suka, menulis untuk dibaca, menjadi sesuatu yg bisa gue nikmati dan orang nikmati, semoga ya!!!
Lagipula kemaren bokap gue bilang:

“kadang orang dinilai dari hasil karyanya. Bahkan professor bisa jadi seorang professor karna hasil tulisannya diakui, kan!?”

Akhir kata, membaca ‘n menulis itu suatu kesatuan, satu paket. Waktu dulu jaman sekolah, kalo bikin contekan pasti baca dulu kan!? Terus ditulis kan!? Bohong kalo nyontek nggak kaya gitu .. dan lebih bohong lagi kalo lo nggak pernah nyontek!!!!! *slap on face kalo bohong*



Jo, nggak-bisa-dipisahin-dari-kertas-dan-pensil.

P.S.: special thanks to
> my_Mom, without you, I couldn’t read.
> Fa, my inspiration.. Fa, For-Fabulous.
> Bee, Who burns me to write.. Bee, for Beetch.

1 komentar: