29/07/10

~Smoker Talks~

di sebuah café, sambil dengerin alunan musik jazz bersama cong_1, langsing-putih-bibir tipis-lagi jerawatan-rambut poni lempar-kaos V-shape pink polos-sweater abu2-celana jeans pinsil biru belel-sepatu butut yg dipakenya dengan diinjek belakangnya-tali sepatu belang kuning-ijo terang, mainin BB sambil nungguin congs lain yg pada ngaret.

gue, kaos ijo tua dengan tulisan hitam grafiti nggak jelas-celana jeans ijo tua belel yg banyak kantongnya-kain bali biru tua yg diiket di pundak jadi selendang-sendal sepatu coklat tua-nyilangin kaki kayak tante2-megang kipas merah-kaca mata rada di turunin, nyalain rokok yg baru gue beli, St*rMild.
memulai pembicaraan nggak penting.


gw: "do you smoke? nih.." nyodorin.

cong_1: "nggak.. I'm not smoker."

gw: "oh.. good boy!! jatah gue jadi nggak ngurang. haha.. JANGAN NGEROKOK!!!" nyeruput kopi.

cong_1: "rokoknya beda cyiin.."

gw: "haha.. rokok daging lu ye?"

cong_1: "haha.. iye, gue pernah yg 17cm ++."

gw: "itu mah cerutu bego!!"

cong_1: "ya kalo kurus2 kayak pinsil kurang enak donk, cung."

gw: "amit2.. eh.. gue serius bincung!!"

cong_1: "nggak!! gue nggak ngerokok."

gw: "jangan ngerokok kalo gitu!" nyeruput kopi.

cong_1: "lo sendiri ngerokok, tapi ngelarang-larang? hak gue donk mau ngerokok atau nggak! tapi gue nggak ngerokok sih."

gw: "sebagai perokok, gue berkewajiban buat ngebilangin lo untuk jangan ngerokok. lagian nggak baik buat kesehatan." ngejentik-jentikin jari ngikutin melody.

cong_1: "ooh.. tapi by the way, lo sendiri 'ngerokok' nggak?"

gw: "kadang2"

cong_1: "halaah.. demen aja lo, ngaku!!"

gw: "yee.. nggak percaya!? gue lebih suka 'dirokok'. lagian, diberkatilah orang yg 'dirokok' sama gue. hisapan gue #1. haha.."

cong_1: "wow.. amazing! boleh donk nyobain!?" bergumam ngikutin melody.

gw: "situ ok? tinta lah yau.. mending gue simpen feromon gue buat yg lebih worth it!! lagian kita kan sister, mau linesan!?"

cong_1: "haha.. jadi penasaran gue. dari kapan lo ngerokok, anyway?"

gw: "SMA kelas 2, waktu itu gue lagi naksir cewek, Far, dia ngerokok, eh.. ternyata butchy deseu. haha.. pantesan tomboy 'n ngerokok. gue suka cewek yg ngerokok. kesannya nakal."

cong_1: "by the way lagi, tadi lu sendiri bilang ngerokok nggak bagus, tapi lo sendiri kenapa ngerokok??"

gw: "nyokap gue smoker, makanya gue jadi penasaran rasanya apa, awalnya nyokap gue ngelarang, katanya, 'mas, kamu kalo belum kerja jangan ngerokok ya!' tapi gue ngumpet2 aja demi nemenin si Far. haha.. cinta emang gila ya!? toh sekarang gue udah dewasa 'n udah gawe, boleh dong gue ngerokok!?"

cong_1: "emang rasanya rokok apa?"

gw: "nggak tau, biasa aja sih gue, demen liat asapnya, besides, asapnya bikin gue berkhayal. makanya gue juga suka ngeliatin temen2 gue kalo lagi ngerokok."

cong_1: "jadi bisa dibilang kalo temen2 lo yg ngawalin? besides, nyokap lo udah jadi pemandangan sehari-hari juga."

gw: nyeruput kopi. "maybe yes, maybe no. jaman gue SD, temen2 gue udah pada ngerokok, kalo nggak ngerokok dikatain Banci. sekarang sih gue nyengir sendiri, banci atau bukan udah sama2 ngerokok. haha.."

cong_1: "lo nggak takut sakit gitu?"

gw: "hey yah.. I'll tell you something, selama kita nggak tau, insyallah nggak sakit, kalo tau malah suggest, malah jadi sakit. makanya gue kalo ngasih tau ade2 'n ponakan gue yg penasaran nyobain, gue kasih liat tu nikotinnya 'ini loh yg jadi penyakit, nempel di paru2 dan ngerusak pernapasan' gitu kata gue, mereka malah jadi suggest dan nggak mau ngerokok. apa yg kita nggak tau nggak akan ngebunuh kita. lagian buat gue ya, yg udah jadi pecandu ya udah, biarin aja. tapi yg belum, jangan sampe jadi perokok. toh, gue sehat2 aja, jogging masih kuat, renang masih bisa nahan napas lama, jalan jauh no problemo."

cong_1: "iiikh.. tumben ya omongan kita berbobot. haha.."

gw: "bosen juga kalo tentang cong mulu, gitu2 aja palingan. lumayan lah ngisi otak dengan info. haha.."


nggak lama kemudian dateng 3 orang congs, Rud, Eg, Le, dan 2 cewek, Bunda 'n Kar, yg ngaret 30 menitan dan mengakhiri pembicaraan tentang rokok-merokok.

di bawah meja berpayung yg diterangi oleh bulan purnama, kita ngomongin rencana jalan2 ke anyer sebelum puasa, asap mengepul lebih banyak dari sebelumnya.



Jo, ssssh.. -fuuuh... -Breath-of-Life.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar